Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Rusia Siap Bentuk Pesaing Wikipedia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 06 November 2019, 07:22 WIB
Putin: Rusia Siap Bentuk Pesaing Wikipedia
Logo Wikipedia/Net
rmol news logo Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan untuk membentuk Wikipedia versi Rusia yang bisa lebih diandalkan.

"Adapun Wikipedia, lebih baik menggantinya dengan Big Russian Encyclopaedia baru dalam bentuk elektronik," kata Putin kepada sebuah pertemuan Kremlin tentang masa depan bahasa Rusia (Selasa, 5/11). Dia merujuk pada ensiklopedia Rusia yang diterbitkan antara 2007 dan 2014 dalam bentuk kertas.

"Setidaknya itu akan menjadi informasi yang dapat diandalkan, disajikan dengan cara yang baik, modern," sambungnya seperti dimuat The Guardian.

Untuk diketahui, Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat.

Demi mewujudkan pesaing Wikipedia, seperti bunyi dokumen pemerintah yang diterbitkan pada bulan September lalu, pemerintah Rusia berencana untuk mengalokasikan hampir 1,7 miliar rubel untuk mengembangkan sumber referensi online Rusia yang mirip dengan Wikipedia dalam tiga tahun ke depan.

Putin mengutip komentar dari rektor universitas yang mengeluhkan penggunaan Wikipedia oleh pengadilan untuk mencapai putusan.

Wikipedia versi bahasa Rusia, yang dikenal sebagai Vikipedia, umum digunakan di negara tersebut. Vikipedia sendiri saat ini memiliki lebih dari 1,5 juta artikel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA