Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Tegas Akan Sempurnakan Sistem Pemilihan Di Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 06 November 2019, 08:38 WIB
China Tegas Akan Sempurnakan Sistem Pemilihan Di Hong Kong
Protes di Hong Kong/Net
rmol news logo Partai Komunis China memastikan bahwa mereka akan menyempurnakan sistem untuk memilih pemimpin Hong Kong. Hal itu ditegaskan setelah berbulan-bulan gelombang protes anti-pemerintah terjadi di jalanan Hong Kong.

Pernyataan itu sekaligus menjadi semacam penegasan akan peran besar China pada sistem pemerintahan di Hong Kong.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Selasa (5/11), Partai Komunis mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung wilayah administrasi khusus Hong Kong, yang kembali ke China pada tahun 1997, dan tidak mentolerir perilaku separatis di wilayah itu maupun Makau.

Ketika pernyataan tersebut dirilis oleh kantor berita Xinhua, pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan dia telah mengadakan pertemuan singkat dengan Presiden Cina Xi Jinping di Shanghai.

"Dia (Xi) menyatakan perhatian dan kepeduliannya terhadap Hong Kong, terutama mengingat gangguan sosial yang telah kita lihat dalam lima bulan terakhir dan dia menyatakan dukungan untuk berbagai tindakan yang diambil oleh pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong," ujarnya seperti dimuat .

Merujuk pada dasar kesepakatan tahun 1997 di mana Hong Kong kembali ke pemerintahan Tiongkok, Lam mengatakan bahwa sistem satu negara dua sistem akan tetap dilanjutkan di Hong Kong.

Gelombang protes yang terjadi di Hong Kong sejak beberapa bulan yang lalu diketahui dikompori oleh kemarahan warga atas campur tangan China d Hong Kong yang begitu kuat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA