Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertimbangkan Kondisi Kawasan, AS Hentikan Pakta Berbagi Intelijen Dengan Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 November 2019, 16:04 WIB
Pertimbangkan Kondisi Kawasan, AS Hentikan Pakta Berbagi Intelijen Dengan Korsel
Asisten Negara untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik AS, David Stilwell/Net
rmol news logo Amerika Serikat memutuskan untuk tidak memperbarui pakta berbagi intelijen dengan Korea Selatan atau yang dikenal dengan GSOMIA. Alasannya, AS ingin membantu menghentikan ketegangan dan meningkatkan hubungan di kawasan.

Setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan pertemuan di sela-sela KTT ASEAN, AS melalui Asisten Negara untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik dari Amerika Serikat (AS) David Stilwell mengaku sangat terdorong untuk meningkatkan hubungan di kawasan.

"Ketika kami berada di sana untuk memperhatikan bahwa Presiden Moon dan PM Abe memiliki kesempatan untuk berbicara. Itu pertanda yang membesarkan hati ketika kita menyaksikan hubungan meningkat," ujar Stilwell seperti yang dimuat Reuters.   

Stilwell yang terbang ke Seoul pada Selasa (5/11), esok harinya mengungkapkan untuk tidak melanjutkan pakta berbagi intelijen dengan Korea Selatan yang akan berakhir pada bulan ini.

Ia mengaku pertemuan pertama dalam setahun terakhir antara Moon dan Abe meningkatkan harapan untuk mengakhiri ketegangan hubungan yang juga mengancam akan melemahkan kerja sama keamanan tiga arah di Asia Timur.

Menurut Reuters, setelah pertemuan dua pemimpin negara yang hanya berlangsung selama 11 menit tersebut, AS giat membahas cara untuk menghidupkan kembali pembicaraan nuklir yang terhenti dengan Korea Utara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA