Erdogan: Orang Lingkaran Dalam Eks Pemimpin ISIS Berupaya Masuk Ke Turki

Jumat, 08 November 2019, 07:25 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net

Sejumlah orang di lingkaran dalam pimpinan ISIS yang terbunuh bulan lalu, Abu Bakar al-Baghdadi, berupaya memasuki wilayah Turki dari Suriah.

Begitu kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (7/11).

Dia mengatakan, sejauh ini jumlah orang yang memiliki ikatan keluarga dengan al-Baghdadi yang telah ditangkap oleh Turki hampir mencapai dua digit.

"Semua lingkaran dalam al-Baghdadi sebagian besar menargetkan negara kami dan orang-orang ini mencari cara untuk menetap di negara kami atau datang ke negara kami," kata Erdogan seperti dimuat Al Jazeera.

Penguman itu disampaikan seelah sebelumnya dia mengumumkan bahwa Turki berhasil menangkap salah satu istri al-Baghdadi dan saudara perempuan serta kerabat lainnya.

Polisi mengidentifikasi istri al-Baghdadi itu sebagai Asma Fawzi Muhammad al-Qubaysi. Pejabat itu mengatakan dia adalah istri pertama al-Baghdadi. Dia diketahui memiliki empat orang istri.

Erdogan mengatakan para tersangka ditahan di pusat-pusat penahanan di Turki sambil menunggu putusan Kementerian Kehakiman soal bagaimana penanganan kasus mereka.

Al-Baghdadi sendiri diketahui meledakkan dirinya dalam serangan 26 Oktober saat dia terpojok oleh pasukan khusus Amerika Serikat di provinsi Idlib, Suriah.

Serangan itu merupakan pukulan besar bagi kelompok bersenjatanya, yang telah kehilangan wilayah yang dikuasai di Suriah dan Irak dalam serangkaian kekalahan militer.
Tag:

Kolom Komentar


Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019
Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019