Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa Magnitudo 5,9 Di Iran Tewaskan 5 Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 08 November 2019, 14:25 WIB
Gempa Magnitudo 5,9 Di Iran Tewaskan 5 Orang
Kerusakan akibat gempa di Iran/Net
rmol news logo Iran diguncang gempa dengan magnitudo 5,9 pada Jumat (8/11). Insiden ini menewaskan setidaknya 5 orang dan 120 orang lainnya terluka.

Pusat Seismologi Iran mengungkapkan, gempa yang terjadi pada dini hari itu terjadi di sekitar 120 km tenggara Kota Tabriz, Provinsi Azerbaijan Timur.

Gempa tersebut dikategorikan sebagai gempa "sedang" karena memiliki kedalaman 8 km dan diikuti dengan 5 gempa susulan.

Namun, dikabarkan oleh AFP, menurut Gubernur Mohammad-Reza Pourmohammadi, gempa "sedang" tersebut telah menyebabkan setidaknya 30 rumah hancur, sementara 5 orang meninggal dunia.

Survei Geologi AS (USGS) mengeluarkan peringatan waspada atas "kemungkinan adanya kenikan korban dan bencana berpotensi meluas". Alhasil, pemerintah mengerahkan operasi penyelamatan di 41 desa di wilayah tersebut.

Sebagai negara yang terletak di atas pertemuan dua lempeng tektonik utama, Iran kerap kali mengalami aktivitas seismik. Pada 2013, Iran, khususnya Kota Kuno Bam hancur oleh gempa dahsyat yang menewaskan sedikitnya 31.000 orang.

Sementara ada 1990, gempa berkekuatan 7,4 SR menjadi salah satu gempa mematikan di Iran setelah menewaskan 40.000 orang dan melukasi 300.000 orang lainnya. Gempa itu juga menyebabkan setengah juta orang kehilangan tempat tinggal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA