Kebakaran Hutan Merembet Ke Permukiman, 2 Orang Meninggal Dan 100 Unit Rumah Hangus

Sabtu, 09 November 2019, 12:23 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Kebakaran di Australia/Net

Sedikitnya dua orang meninggal dunia dan 100 rumah hangus akibat kebakaran hutan merembet ke permukiman warga di Australia bagian timur.

Perdana Menteri New South Wales, Gladys Berejiklian mengatakan, saat ini petugas pemadam kebakaran berusaha menahan lusinan titik api yang telah mengamuk sejak Jumat (8/11).

"Saya minta maaf untuk mengatakan bahwa jumlah itu dapat meningkat pada siang hari," ujarnya merujuk pada jumlah korban yang kemungkinan akan meningkat, seperti yang dilansir dari Reuters.

Pada Sabtu pagi (9/11), menurut petugas pemadam kebakaran, setidaknya 100 rumah terbakar dan lebih dari 30 orang terluka, kebanyakan dari mereka adalah tim pemadam.

Sebelumnya pada Jumat, dari catatan jumlah peringatan darurat, terdapat 17 kebakaran yang berada pada tingkat darurat. Sementara pada Sabtu pagi, hanya enam titik yang sifatnya darurat.

Selain New South Wales, Queensland juga merasakan hal yang sama. ribuan penduduk dari wilayah Sunshine Coast terpaksa menghabiskan malam di pusat-pusat evakuasi setelah adanya peringatan dari pihak berwenang.

Insiden kebakaran ini dipicu oleh musim panas dan angin kencang yang membuat api dapat menyebar dengan luas. Alhasil, insiden ini menjadi insiden kebakaran dan kekeringan terburuk di Australia.

Kolom Komentar


Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019