Sejarah Baru, Indonesia Terima Rumah Adat Dari Suku Maori Hawkesbay

Sabtu, 09 November 2019, 22:22 WIB
Laporan: Diki Trianto

Tantowi Yahya/Net

Hari ini, Sabtu, 9 November 2109 menjadi hari bersejarah dalam hubungan People to People Indonesia dan Selandia Baru.

Masyarakat adat Maori di Hawkesbay "menyerahkan" rumah adat (Marae) kepada masyarakat Indonesia sebagai manifestasi persaudaraan yang dalam. Sebagai catatan, penyerahan seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya kepada masyarakat negara sahabat lainnya.

Atas nama Presiden dan rakyat Indonesia, Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada masyarakat Maori di Hawkesbay atas kepercayaan ini.

"Penyerahan Rumah Adat adalah bentuk tertinggi dari rasa persaudaraan masyarakat Maori dengan bangsa lain," demikian keterangan tertulis Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya yang diterima redaksi, Sabtu (9/11).

Tantowi dan Tim KBRI Wellington selama ini memang giat menggalang persaudaraan dengan masyarakat Maori dan masyarakat Pasifik lainnya melalui kegiatan-kegiatan bernuansa budaya dan ekonomi.

Sebut saja antara lain konser persaudaraan The Symphony of Friendship yang mengangkat persamaan musik Indonesia (timur) dengan musik Maori, dan pameran dagang, investasi dan pariwisata "Pacific Exposition" bulan Juli lalu. Event-event tersebut sebelumnya belum pernah dilaksanakan di Pasifik.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020