Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Spanyol Gagal Hasilkan Suara Mayoritas, Kebuntuan Politik Belum Usai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 11 November 2019, 07:57 WIB
Pemilu Spanyol Gagal Hasilkan Suara Mayoritas, Kebuntuan Politik Belum Usai
Pedro Sánchez/The Guardian/Net
rmol news logo Partai sosialis yang berkuasa di Spanyol berhasil memenangkan pemilihan umum yang digelar pada hari Minggu (10/11). Meski begitu, lagi-lagi mereka gagal mengamankan suara mayoritas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Partai Pekerja Sosialis Spanyol (PSOE), yang dipimpin oleh penjabat perdana menteri, Pedro Sánchez, memenangkan 120 kursi parlemen atau tiga lebih sedikit dari pada pemilihan April lalu.

Sementara Partai Rakyat konservatif (PP) memenangkan 87 kursi dan Partai Vox barada di urutan ketiga dengan 52 kursi.

Di urutan selanjutnya ada Partai Podemos Unidas dengan 35 kursi, diikuti oleh Catalan Republican Left yang pro-kemerdekaan dengan 13 kursi. Sedangkan Partai Rakyat merosot ke posisi keenam ketika 57 kursi yang diambilnya tujuh bulan lalu berkurang menjadi hanya 10 kursi dalam pemilu kali ini.

Namun partisipasi pemilih dalam pemilu kali ini merosot menjadi 69,9 persen, bila dibandingan pemilu bulan April lalu di mana partisipasi pemilih adalah sebesar 75,5 persen.

Meski begitu, hasil pemilu kali ini, Spanyol tidak lebih dekat untuk mengakhiri kebuntuan politik, karena tidak ada atupun partai yang memiliki suara mayoritas dan memiiki legitimasi untuk membentuk pemerintahan.

Pemimpin Partai Sosialis Pedro Sanchez mengatakan bahwa dia bermaksud untuk membentuk pemerintahan progresif dan mendesak lawan dan lawannya untuk tidak menghalangi jalannya.

"Saya ingin menyerukan kepada partai-partai politik lainnya untuk bertindak dengan murah hati dan bertanggung jawab untuk membuka blokir situasi politik di Spanyol," katanya.

Sementara pemimpin PP, Pablo Casado, mengatakan bola sekarang dengan kuat berada di tangan Sanchez.

"Kami akan melihat apa yang disarankan Pedro Sánchez dan kemudian kami akan memenuhi tanggung jawab kami karena Spanyol tidak dapat terus mengalami jalan buntu," ujarnya, seperti dimuat The Guardian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA