Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Depan, China Akan Mendarat Dan Jelajahi Planet Mars

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 November 2019, 13:19 WIB
Tahun Depan, China Akan Mendarat Dan Jelajahi Planet Mars
Ilustrasi Mars/Net
rmol news logo Menggandeng pengamat internasional, China tengah bersiap melakukan pendaratan dan penjelajahan ke Planet Mars tahun depan sebagai bagian dari program luar angkasanya.

Guna melancarkan visi untuk mendarat di Mars, Kamis (14/11), China melakukan demonstrasi atau uji coba pendaratan di sebuah lokasi di luar Beijing yang disimulasikan seperti Merah tersebut. Di mana gaya gravitasi di Mars diperkirakan sepertiga dari Bumi.

"Acara ini adalah penampilan publik pertama dalam misi eksplorasi Mars China, juga merupakan langkah penting bagi China untuk secara pragmatis melakukan pertukaran dan kerja sama ruang angkasa," ujar pihak Badan Antariksa Nasional China dalam keterangan tertulis seperti dimuat Associated Press.

Adapun uji coba ini juga dihadiri oleh 19 negara, termasuk Duta Besar dari Brasil, Prancis dan Italia.   

Dijelaskan, pendaratan dan penjelajahan ke Mars dilakukan oleh China untuk mengeksplorasi bagian-bagian dari planet ini secara detail. Misi ini adalah misi besar China kedua sejak melakukan misi awak pertamanya pada 2003.

Perihal eksplorasi ruang angkasa, China sendiri telah dilarang oleh Amerika Serikat untuk ikut berpartisipasi dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan alasan keamanan nasional.

Meski demikian, ambisi China terus berkembang dan tidak kalah dari AS, Rusia, dan negara-negara Eropa lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA