Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Korsel, Jenderal AS Bahas Naiknya Kompensasi Biaya Pertahanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 November 2019, 16:17 WIB
Ke Korsel, Jenderal AS Bahas Naiknya Kompensasi Biaya Pertahanan
AS-Korsel/Net
rmol news logo Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat, Jenderal Mark Milley terbang ke Korea Selatan (Korsel) untuk bertemu dengan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Jenderal Park Han-ki untuk membahas kerja sama militer, khususnya kompensasi biaya pertahanan dan ancaman Korea Utara (Korut).

Bertemu di Seoul pada Kamis (14/11), keduanya mengadakan pembicaraan untuk menghentikan latihan militer bersama guna meredakan ancaman dari Korut. Keduanya juga membahas keputusan Korsel untuk membatalkan pakta berbagi intelijen dengan Jepang yang dikenal dengan GSOMIA.

Selain itu, seperti yang dilansir dari Reuters, Milley juga mengangkat persoalan pembagian biaya pertahanan di Semenanjung Korea, di mana AS meminta kompensasi atas pengerahan pasukan di Korsel.

"Ketua Milley diharapkan untuk fokus pada Korea Selatan dalam meningkatkan kontribusinya untuk biaya pertahanan (penempatan pasukan AS) dan memperluas GSOMIA," kata sumber militer Korea Selatan yang tidak diidentifikasi.

Menurut seorang anggota parlemen Korsel, pejabat AS menuntut biaya kompensasi sebesar 5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 70 triliun (Rp 14.092/dolar AS) tiap tahunnya. Angka ini lima kali lebih besar dari kesepakatan yang telah disetujui.

Menyusul Milley, Menteri Pertahanan AS Mark Esper dijadwalkan akan terbang ke Seoul pada Kamis malam (14/11) untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Korsel Jeoung Kyeong-doo dalam Security Consultative Meeting (SCM) yang akan diselenggarakan keesokannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA