Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Venesia Darurat Banjir, Warisan Bersejarah UNESCO Terancam Rusak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 15 November 2019, 06:48 WIB
Venesia Darurat Banjir, Warisan Bersejarah UNESCO Terancam Rusak
Banjir di Venesia/Net
rmol news logo Italia menyatakan darurat di kota wisata Venesia setelah kota itu dilanda banir dengan ketinggian air hingga 1,87 meter. Air membanjiri wilayah basilika bersejarah dan memutus aliran listrik ke rumah-rumah di kota tersebut.

Data resmi menyebut, lebih dari 80 persen kota yang merupakan situs warisan dunia UNESCO terendam air ketika air pasang mencapai puncaknya.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyebut bahwa bencana banjir tersebut merupakan pukulan ke jantung negara. Karena itulah, pihaknya bertindak cepat untuk menyediakan dana dan sumber daya.

"Sungguh menyakitkan melihat kota itu begitu rusak, warisan artistiknya terganggu, kegiatan komersialnya bertekuk lutut," kata Conte yang mengunjungi daerah itu pada Rabu malam (14/11) waktu setempat.

Conte menambahkan bahwa dia mengumumkan tindakan darurat pada hari Kamis (15/11) dan mengatakan bahwa individu dapat mengklaim hingga 5.000 euro dan bisnis dapat mengklaim hingga 20.000 euro sebagai kompensasi.

Sementara itu, Walikota Venesia, Luigi Brugnaro, menyalahkan perubahan iklim atas banjir yang terjadi dan merupakan tingkat air tertinggi dalam lebih dari 50 tahun terakhir.

Brugnaro mengatakan Basilika Santo Markus yang terkenal telah menderita kerusakan parah akibat banjir. Ruang bawah tanah di situs bersejarah itu kebanjiran awal pekan ini dan ada kekhawatiran bahwa kolom basilika mungkin telah rusak secara struktural.

"Kerusakan akan mencapai ratusan juta euro," kata Brugnaro, seperti dimuat BBC. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA