Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konflik Mereda, Prancis Akan Pertemukan Putin Dan Zelensky Bulan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 16 November 2019, 09:42 WIB
Konflik Mereda, Prancis Akan Pertemukan Putin Dan Zelensky Bulan Depan
Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin/Net
rmol news logo Di bawah Presiden Emmanuel Macron, Prancis tampaknya selalu ingin memiliki peran aktif di perpolitikan internasional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terbaru Prancis berusaha mempertemukan para pemimpin Rusia dan Ukraina untuk menyelesaikan konflik selama beberapa tahun terakhir yang menimpa mereka.

Rencananya, Senin (9/12), Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk pertama kalinya. Pertemuan di Paris itu nantinya juga akan ditengahi oleh Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel secara empat arah.

Demikian yang diungkapkan oleh Kepresidenan Prancis, Jumat (15/11), yang dikonfirmasi oleh pihak Kepresidenan Ukraina seperti yang dimuat Channel News Asia.

Pada September lalu, Macron juga pernah melakukan hal yang sama untuk mempelopori upaya perdamaian di Ukraina. Sayangnya, karena banyak kendala, maka pertemuan ditangguhkan dan akan dilanjutkan Desember mendatang.

"Ada kemajuan besar baru-baru ini dalam pembicaraan antara kedua pihak, yang memungkinkan pasukan untuk mundur dari beberapa daerah konflik utama," ujar pihak Kepresidenan di Istana Elysee.

Sejak akhir pekan lalu, tentara Ukraina dan separatis yang didukung Rusia telah menarik mundur pasukannya yang dipandang sebagai respons positif akan diadakannya pertemuan tingkat tinggi Desember nanti.

Konflik antara Ukraina dan Rusia merupakan sengketa wilayah. Di mana terjadi konflik antara separatis pro-Rusia dan warga Ukraina di wilayah timur negara tersebut. Konflik ini telah menewaskan lebih dari 13 ribu orang sejak setengah dekade terakhir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA