Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Berjuang Atasi Sampah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 November 2019, 14:30 WIB
China Berjuang Atasi Sampah
TPA Jiangcungou yang sudah penuh/Net
rmol news logo Tempat pembuangan sampah terbesar di China, TPA Jiangcungou, Provinsi Shanxi, memiliki ukuran 100x lapangan sepak bola.

TPA itu telah dirancang bisa menampung 2.500 ton sampah per hari.

Namun, ternyata TPA tersebut menampung sekitar 10.000 ton sampah setiap hari, terbanyak dibandingkan tempat-tempat lain di China.

Alhasil, TPA Jiangcungou yang dibuat pada tahun 1994 itu dan dirancang dapat dipakai sampai tahun 2044, kini sudah penuh. Lebh cepat 25 tahun.

China adalah salah satu penghasil polusi udara terbesar di dunia dan telah bertahun-tahun berjuang mengatasi sampah dari 1,4 miliar penduduknya.

Xi'an adalah salah satu dari sejumlah kota di China yang diandalkan untuk menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga, tetapi sekarang TPA ini penuh terlalu cepat.

Permulaan bulan ini, fasilitas pembakaran baru sampah dibuka dan sedikitnya empat lainnya akan beroperasi pada 2020. Keseluruhan fasilitas ini diperkirakan dapat memproses 12.750 ton sampah.

Langkah ini adalah bagian dari rencana nasional untuk mengurangi jumlah TPA dengan lebih menggunakan cara pembuangan lain seperti pembakaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA