Maduro: Dolarisasi Di Venezuela Bukan Hal Yang Buruk

Senin, 18 November 2019, 07:58 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Nicolas Maduro/Net

Presiden Venezuela Nicolas Maduro tidak memandang buruk transaksi dolar AS yang telah tumbuh di negara tersebut dalam beberapa bulan terakhir. 
"Saya tidak melihatnya sebagai hal yang buruk. Proses yang mereka sebut dolarisasi ini dapat membantu pemulihan negara, penyebaran kekuatan produktif di negara ini, dan berfungsinya ekonomi," kata Maduro dalam siaran wawancara di saluran televisi Televen.

Mata uang resmi Venezuela sendiri, bolivar, telah terdepresiasi lebih dari 90 persen tahun ini. Sedangkan inflasi yang tidak terkendali telah mengurangi daya beli dan upah minimum di masyarakat.

Maduro juga mengatakan bahwa dia sedang mengevaluasi transaksi dalam dolar. Meski begitu, dia memastikan bahwa mata uang resmi yang akan terus menyebar di negara itu tetaplah bolivar.

"Ada orang yang mengkritiknya, tidak, di sini, Venezuela akan selalu memiliki mata uangnya. Kami akan selalu memiliki bolivar dan kami akan memulihkannya dan kami akan mempertahankannya," katanya dalam sebuah wawancara dengan Jose Vicente Rangel, seorang politisi kiri dan wakil presiden pada masa pemerintahan Hugo Chavez, seperti dimuat ulang Reuters.
Tag:

Kolom Komentar


Video

Provinsi Jawa Barat Raya

Jumat, 13 Desember 2019
Video

Ini Janji-Janji Gibran Usai Resmi Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo 2020

Sabtu, 14 Desember 2019
Video

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019