Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Desak AS Hentikan Intervensi Di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 18 November 2019, 22:48 WIB
China Desak AS Hentikan Intervensi Di Laut China Selatan
Menteri Pertahanan China Wei Fenghe/Net
RMOL. Militer Amerika Serikat harus berhenti menambah kompleks hubungan China dengan Taiwan dengan melenturkan otot-ototnya di Laut China Selatan (LCS).

Demikian yang diungkapkan oleh Menteri Pertahanan China Wei Fenghe kepada Menteri Pertahanan AS Mark Esper seperti yang diungkapkan oleh Jurubicara China, Wu Qian, Senin (18/11).

"Kami (meminta) pihak AS untuk berhenti melakukan intervensi di Laut China Selatan dan menghentikan provokasi militer di sana," ujar Wu seperti yang dimuat oleh Reuters.

Menanggapi hal ini, Jurubicara Pentagon Jonathan Hoffman mengatakan, Esper enggan mematuhi China, dan justru mengatakan keberadaan AS di LCS adalah bentuk operasi kebebasan navigasi yang sesuai dengan hukum-hukum internasional.

"Menhan Esper  menegaskan bahwa Amerika Serikat akan terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan. Kami akan mendorong dan melindungi hak-hak negara berdaulat lainnya untuk melakukan hal yang sama," kata Hoffman.

Selain persoalan LCS, Fenghe juga menggarisbawahi posisi AS di Taiwan, di mana Fenghe mengungkapkan tidak akan mentolerir kemerdekaan Taiwan dan dukungan AS.

"Sisi China juga mengharuskan pihak AS untuk secara hati-hati menangani masalah terkait Taiwan," tegas Wu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA