Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Hutan Di Australia Meluas, Pemerintah Putus Aliran Listrik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 20 November 2019, 18:01 WIB
Kebakaran Hutan Di Australia Meluas, Pemerintah Putus Aliran Listrik
Kebakaran Australia/Net
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Australia semakin parah. Bahkan, kebakaran itu membuka titik-titik api baru.

Alhasil, perusahaan listrik setempat memutus aliran listrik ke ribuan rumah warga. Tak hanya itu, lebih dari 100 sekolah ditutup akibat karhutla.

Dimuat Reuters, Rabu (20/11), terlihat 50 titik baru di selatan negara bagian Australia Selatan. Kebakaran itu membuat suhu di sekitar menembus angka 42 derajat Celcius dan membuat otoritas di sana membunyikan alarm peringatan bencana.

"Dari matahari terbit hingga lewat tengah malam, negara bagian ini akan mengalami kondisi kebakaran yang sangat sulit," ujar asisten kepala petugas di Pemadam Kebakaran Negara Austraia Selatan, Brenton Eden.

Sementara itu, untuk menangani titik-titik baru ini, pemerintah Australia menerjukan lebih dari 600 petugas pemadam kebakaran. Sementara South Australia (SA) Power Networks memotong daya ke lebih dari 12.000 pelanggan ketika beberapa titik kebakaran mendekati saluran transmisi listrik.

Pada bulan ini saja, api sudah membakar sekitar 2,5 juta hektar. Karhutla juga diketahui telah menewaskan sedikitnya empat orang dan menghanguskan lebih dari 300 rumah warga.

Di kota terpadat Australia, Sydney terlihat tertutup asap tebal akibat karhutla. Akibatnya, Selasa (19/11), pejabat dinas kesehatan setempat mengeluarkan peringatan agar warga tidak beraktivitas di luar rumah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA