Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Israel Legalkan Pendudukan Wilayah Palestina, AS "Dikeroyok" Di Dewan Keamanan PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 21 November 2019, 15:00 WIB
Dukung Israel Legalkan Pendudukan Wilayah Palestina, AS "Dikeroyok" Di Dewan Keamanan PBB
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo/Net
rmol news logo Pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang melegalkan pemukiman Israel di Tepi Barat dapat hujatan keras anggota Dewan Keamanan PBB. Pihak Uni Eropa, Rusia, China, dan negara-negara lain menolak pernyataan AS yang menyebut pendudukan Israel bukan sebuah tindakan ilegal.

Rabu (20/11), sejumlah perwakilan AS harus membela diri dari "serangan" anggota Dewan Keamanan PBB. Pasalnya, anggota DK PBB dengan tegas menolak pengumuman yang diberikan oleh Pompeo pada Senin (18/11), bahwa pendudukan Israel di Tepi Barat tidak menyalahi aturan.

Pernyataan Pompeo sendiri dianggap sebagai lampu hijau AS terhadap usaha aneksasi yang dilakukan Israel terhadap wilayah Palestina.

"Semua aktivitas pemukiman ilegal di bawah hukum internasional akan mengikis kelangsungan solusi dua negara dan prospek perdamaian abadi," ujar Duta Besar Inggris untuk PBB, Karen Pierce mewakili negara-negara Uni Eropa seperti yang dilansir Reuters.

Merespons pernyataan tersebut, Wakil Duta Besar AS untuk PBB, Cherith Norman Chalet  mengatakan, AS tetap berkomitemen untuk menciptakan perdamaian dan pengumuman Pompeo tidak dapat mengubah fakta tersebut.

Di sisi lain, diwartakan oleh Reuters, pengumuman Pompeo tersebut diduga kental dengan nuansa politis. Utamanya untuk menarik dukungan masyarakat Kristen Evangelis terhadap Presiden Donald Trump dalam pemilihan umum 2020. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA