Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berang Senat AS Loloskan RUU HAM Hong Kong, China Minta Veto Dari Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 22 November 2019, 00:48 WIB
Berang Senat AS Loloskan RUU HAM Hong Kong, China Minta Veto Dari Trump
Unjuk rasa Hong Kong/Net
rmol news logo Rancangan Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong yang diloloskan oleh Senat Amerika Serikat ditentang pemerintah China dengan meminta kepada Presiden AS, Donald Trump memveto RUU tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian yang diungkapkan oleh Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Kamis (22/11). Ia mengatakan, RUU tersebut telah memperbarui ancaman dan merusak kepentingan nasional AS dan China.

Dalam RUU tersebut, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo harus menyertifikasi setidaknya satu kali setahun untuk mempertahankan otonomi Hong Kong agar menjaga perdagangan AS ke Hong Kong.

Selain itu, dalam RUU ini, AS akan memberikan sanksi kepada pejabat China maupun Hong Kong yang melakukan pelanggaran HAM.

Dimuat Associated Press, masih ada RUU lain yang disiapkan Senat AS, salah satunya larangan perusahaan AS mengekspor amunisi persenjataan gas air mata, semprotan merica, peluru karet, meriam air, pistol setrum, dan taser kepada polisi Hong Kong.

Lolosnya RUU tersebut di parlemen AS diprediksi akan diamini pula oleh Trump untuk dijadikan sebagai Undang-Undang. Hal itu sejalan dengan banyaknya desakan yang ada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA