Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tewas Tertembak di Bandara Aktivis Perempuan Somalia Disebut Terkena Peluru Nyasar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 November 2019, 07:45 WIB
Tewas Tertembak di Bandara  Aktivis Perempuan Somalia Disebut Terkena Peluru Nyasar
Almaas Elman Ali /Net
rmol news logo Seorang wanita aktivis perdamaian, Almaas Elman Ali tewas tertembak di ibukota Somalia, Mogadishu. Pejabat Somalia mengatakan wanita itu terkena peluru nyasar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Peluru nyasar menghantamnya, dan dia tewas dalam beberapa menit," kata pejabat keamanan Somalia, Mohamed Omar, seperti dilansir Aljazeera, Kamis (21/11).

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas tewasnya Ali. Dalam kompleks bandara itu juga terdapat markas tentara Uni Afrika (AU).

"Tidak ada tembakan di bandara, atau di daerah terdekat sebelum insiden itu terjadi," bantah Omar.

Wakil komisioner Kepolisian Somalia, Brigadir Jenderal Zakia Hussein, mengatakan penyelidikan atas insiden itu terus berlanjut

Ali tertembak saat sedang berada di dalam mobil di sekitar bandara pada Rabu (20/11). Dia tewas di tempat dalam beberapa menit.

Ali, yang memiliki kewarganegaraan Somalia dan Kanada, diyakini akan menghadiri pertemuan di Lembaga Perdamaian Elman, yang didirikan pada 1990 oleh ayahnya, Elman Ali Ahmed.

Istri dan anak perempuan Ahmed, termasuk Almaas, melarikan diri ke Kanada ketika perang saudara di negara itu terjadi. Ahmed tinggal di Somalia dan dibunuh pada tahun 1996 di Mogadishu oleh sekelompok orang bersenjata.

Meskipun Somalia perlahan-lahan bangkit kembali setelah koflik bertahun-tahun konflik, peristiwa pemboman dan serangan yang diklaim oleh kelompok pemberontak al-Shabab masih terjadi.

Kelompok pemberontak itu diusir dari Mogadishu oleh pasukan pemerintah yang didukung oleh 20.000 pasukan penjaga perdamaian AU pada 2011. Meski begitu mereka masih melakukan serangan termasuk bom bunuh diri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA