Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Perpanjang Panangguhan Kerja Sama Intelijen Militer Dengan Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 23 November 2019, 10:15 WIB
Korsel Perpanjang Panangguhan Kerja Sama Intelijen Militer Dengan Jepang
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in/Net
rmol news logo Korea Selatan memutuskan untuk memperpanjang tenggat waktu pembaruan paket berbagai informasi militer dengan Jepang (GSOMIA) guna menegosiasikan kembali berbagai persoalan di antara kedua negara.

Keputusan tersebut pun diungkapkan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in setelah melakukan pertemuan dengan Dewan Keamanan Nasional (NSC) di Gedung Biru, Jumat malam (22/11), beberapa jam sebelum pakta GSOMIA berakhir.

"Pemerintah kami telah memutuskan untuk menangguhkan penghentian GSOMIA, dengan syarat akan membahas kembali nanti. Tokyo pun telah menyatakan posisinya terhadap keputusan ini," ujar Wakil Direktur Kantor Keamanan Nasional Presiden (NSO), Kim You-geun seraya menambahkan pemerintah tidak akan mengajukan pengaduan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) perihal keputusan Jepang dalam perang dagang kedua negara.

Korsel sendiri sebelumnya menyatakan akan memperpanjang GSOMIA dengan syarat Jepang menarik pebatasan perdagangannya yang diberlakukan pada Juli lalu terhadap tiga bahan industri yang penting bagi Korea Selatan dan penghapusan Korea Selatan dari daftar putih.

Dengan penangguhan ini, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyatakan kedua negata telah sepakat untuk membuka pembicaraan di tingkat direktur jenderal dalam waktu dekat.

Menanggapi hal ini, Amerika Serikat pun menyatakan sambutan baiknya dan akan mendukung sepenuhnya hubungan Korea Selatan dan Jepang serta perjanjian di antara kedua negara.

"AS sepenuhnya mendukung Korea Selatan-Jepang GSOMIA, sebuah perjanjian yang menunjukkan kedewasaan hubungan pertahanan bilateral mereka dan meningkatkan kemampuan kita untuk berkoordinasi secara trilateral. Kita semua lebih kuat dan Asia Timur Laut lebih aman ketika Amerika Serikat, Jepang dan Korea bekerja sama dalam solidaritas dan persahabatan," kata Jurubicara Kedutaan Besar AS di Korea Selatan, William M. Coleman.

Sebelumnya di sela-sela pertemuan tingkat tinggi ASEAN pada awal bulan lalu, Moom sempat bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Pertemuan keduanya memicu peningkatan perbaikan hubungan di antara kedua negara. Terutama setelah sengkete sejarah yang terjadi di antara keduanya muncul kembali ke permukaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA