Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di G-20, Menlu Dorong Paradigma Saling Untung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 23 November 2019, 20:42 WIB
Di G-20, Menlu Dorong Paradigma Saling Untung
Forum G-20/Ist
rmol news logo Saat ini isu ekonomi menjadi yang paling kuat di dalam dunia internasional. Persoalan perang dagang, tarif ekspor impor, hingga diskriminasi produk menjadi tantangan yang harus dihadapi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Melihat keadaan ekonomi global yang tidak stabil seperti sekarang, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mewakili pemerintah Indonesia mendukung penegakan paradigma saling menguntungkan dalam perdagangan.

"Perdagangan global harus mengedepankan pendekatan win-win, bukan zero sum," ujar Retno dalam pertemuan para Menlu G-20 di Nagoya, Jepang, Sabtu (23/11).

Retno berpandangan G-20 harus menjadi platform dan model kepemimpinan global yang memperkuat nilai-nilai multilateralism pendorong perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia.

Pendekatan ini mendukung Indonesia membangun kemitraan dengan negara-negara Afrika sebagai pasar non-tradisional dalam lingkup perdagangan.

Di sela pertemuan, Retno melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai perwakilan negara, seperti Menlu Selandia Baru, Jepang, Australia, Chili, Belanda, hingga Inggris.

Khusus dengan Jepang, Retno menekankan pentingnya memperkuat kerja sama Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) untuk memperluas akses produk kelapa sawit Indonesia dan turunannya di Jepang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA