Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ancam Upaya Perdamaian, Liga Arab Tolak Perubahan Kebijakan AS Soal Pemukiman Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 26 November 2019, 06:41 WIB
Ancam Upaya Perdamaian, Liga Arab Tolak Perubahan Kebijakan AS Soal Pemukiman Israel
Pemukiman Israel/Net
rmol news logo Liga Arab secara resmi menolak keputusan Amerika Serikat untuk tidak lagi menganggap permukiman di wilayah yang diduduki Israel sebagai hal yang ilegal.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin (25/11), Liga Arab dengan tegas mengatakan bahwa langkah itu merupakan ancaman bagi perdamaian dan pelanggaran besar terhadap hukum internasional.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah pertemuan khusus di Kairo Mesir.

Negara-negara yang bergabung dalam Liga Arab tersebut satu suara menyatakan bahwa langkah terbaru Amerika Serikat itu merupakan bentuk penghinaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk sistem internasional.

Langkah itu sendiri diketahui diumumkan 18 November lalu oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo.

Pengumuman itu membalikkan pendirian yang diambil di bawah Presiden Jimmy Carter pada tahun 1978 untuk mengangap bahwa pemukiman Israel di wilayah pendudukan adalah ilegal.

Para pemimpin Palestina dan Arab mengkritik langkah pemerintahan Trump sebagai yang terbaru dalam serangkaian inisiatif pro-Israel yang merusak upaya perdamaian.

"Atas dasar apa Palestina akan bernegosiasi dengan Israel jika pendudukan ini tidak ada?" kata Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, seperti dimuat Reuters. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA