Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mitra Dagang Penting, ASEAN-Korsel Sepakat Manfaatkan Kerjasama Perdagangan Bebas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 26 November 2019, 19:52 WIB
Mitra Dagang Penting, ASEAN-Korsel Sepakat Manfaatkan Kerjasama Perdagangan Bebas
KTT ASEAN-Korea Selatan di Busan/Net
rmol news logo Korea Selatan merupakan mitra penting dalam pertumbuhan ekonomi ASEAN. Betapa tidak, pasalnya, negeri ginseng merupakan mitra dagang terbesar kelima bagi ASEAN, serta sumber investasi asing langsung (FDI) terbesar kelima sepanjang tahun 2018 lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kami juga senang dengan volume perdagangan dua arah antara ASEAN dan Korea Selatan yang tumbuh sebesar 4,4 persen sebesar 160,5 miliar dolar AS pada tahun 2018, dan merupakan 5,7 persen dari total perdagangan barang dagangan ASEAN," begitu pernyataan bersama yang dibuat dalam KTT Peringatan ASEAN-Korea Selatan yang digelar di Busan (Selasa, 26/11).

"Kami juga mencatat lonjakan kuat aliran masuk Investasi Asing Langsung (FDI) dari Korea Selatan ke ASEAN sebesar 6,6 miliar dolar AS pada tahun 2018," tambah pernyataan yang sama seperti dimuat Korea Herald.

Karena itulah, demi mempererat hubungan baik, ASEAN sepakat untuk meningkatkan kerjasama di sejumlah bidang yang menjadi kepentingan bersama terkait perdagangan barang, perdagangan jasa dan investasi melalui fasilitasi perdagangan serta peningkatan peraturan lainnya dan dengan mendorong keterlibatan yang lebih besar dari sektor swasta.

"Termasuk melalui pemanfaatan perjanjian Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Korea Selatan (AKFTA) untuk mencapai target perdagangan ASEAN-Korea Selatan yang ditetapkan sebesar 200 miliar dolar AS pada tahun 2020," sambung pernyataan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA