Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukai Cuitan Soal Protes Hong Kong Di Twitter, Siwon Super Junior Kebanjiran Kecaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 26 November 2019, 20:57 WIB
Sukai Cuitan Soal Protes Hong Kong Di Twitter, Siwon Super Junior Kebanjiran Kecaman
Choi Siwon Super Junior/Net
rmol news logo Jempolmu, harimaumu. Frasa itu agaknya memiliki makna tersendiri bagi salah seorang personil boyband ternama asal Korea Selatan, Super Junior, yakni Choi Siwon.

Betapa tidak, Siwon kebanjiran kritik dan kecaman dari para penggemarnya di China karena dia menekan tombol "like" pada sebuah cuitan terkait dengan gelombang protes anti-pemerintah di Hong Kong pada 24 November lalu.

Gelombang protes di Hong Kong yang telah terjadi sejak enam bulan terakhir itu diketahui merupakan isu yang sensitif bagi China. Pasalanya, gelombang protes muncul karena kegeraman warga Hong Kong akan peran kuat China dalam pemerintahan di wilayah semi-otonom tersebut.

Siwon menyukai cuitan dari akun media Korea Chosun yang memuat tautan ke sebuah wawancara dengan Chow Pak-kwan. Dia adalah pengunjuk rasa berusia 21 tahun yang ditembak dan terluka oleh seorang polisi Hong Kong pada 11 November.

Penggemar Siwon yang mengetahui hal tersebut segera menyebarkan kabar tersebut melalui akun sosial media China, Weibo. Hal itu memicu kekecewaan serta kecaman dari para penggemarnya di negeri tirai bambu.

Siwon sendiri memiliki akun resmi Weibo dan memiliki sekitar 16 juta pengikut.

Beberapa komentar online di Weibo menuduh Siwon mendukung kemerdekaan Hong Kong. Bahkan tidak sedikit dari para penggemarnya yang menyerukan agar Siwon didepak dari boyband Super Junior yang membesarkan namanya.

Tidak sampai di situ, penggemar Super Junior yang dijuluki "ELF" bahkan menyerukan pemboikotan Siwon dalam konsel Super Junior di Makau bulan Januari mendatang serta kegiatan Super Junior lainnya di China.

Menanggapi hal tersebut, Siwon segera membuat klarifikasi dan meminta maaf kepada para penggemarnya.

"Saya melihat apa yang terjadi di Twitter menyebabkan beberapa masalah. Mengenai tindakan saya, saya ingin menyampaikan harapan saya agar kekerasan dan kekacauan dapat berakhir dengan damai secepat mungkin," tulis Siwon di akun Weibo-nya.

"Karena perilaku ini menyebabkan banyak kontroversi dan telah membuat orang jijik dan kecewa, saya menyampaikan permintaan maaf yang paling tulus kepada semua orang," sambungnya, seperti dimuat Channel News Asia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA