Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN-Korsel Satu Suara Lawan Proteksionisme Dengan Cara Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 26 November 2019, 23:37 WIB
ASEAN-Korsel Satu Suara Lawan Proteksionisme Dengan Cara Ini
Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In/Yonhap
rmol news logo KTT Peringatan ASEAN-Korea Selatan yang digelar awal pekan ini di kota Busan, Korea Selatan merupakan tonggak sejarah baru dalam perkembangan hubungan kedua belah pihak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Korea Selatan dan ASEAN akan bergerak menuju komunitas inovatif dari kemakmuran bersama berdasarkan perdagangan bebas," kata Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam pernyataan pers bersama dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha pada Selasa (26/11), seperti dimuat Yonhap.

Dalam KTT tersebut, ASEAN dan Korea Selatan satu suara mendukung perdagangan bebas di tengah meningkatnya kekhawatiran akan proteksionisme di seluruh dunia. Bagi ASEAN dan Korea Selatan, perdagangan bebas adalah win-win solution yang menguntungkan kedua belah pihak.

Baik ASEAN maupun Korea Selatan sama-sama menyambut baik perjanjian baru-baru ini dalam negosiasi tentang Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) dan memutuskan untuk melindungi perdagangan bebas berdasarkan perjanjian perdagangan bebas Korea Selatan-ASEAN.

KTT Peringatan ASEAN-Korea selatan sendiri merupakan pertemuan yang dirancang untuk meninjau kembali hubungan dialog antara ASEAN dan Korea Selatan selama 30 tahun terakhir. KTT yang digelar selama dua hari ini juga bertujuan untuk memetakan cetak biru untuk kemitraan di masa depan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA