Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Gandeng ASEAN Hadapi Revolusi Industri 4.0

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 26 November 2019, 23:56 WIB
Korsel Gandeng ASEAN Hadapi Revolusi Industri 4.0
KTT Peringatan ASEAN-Korea Selatan/Yonhap
rmol news logo Revolusi industri keempat merupakan tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang. Karena itulah, Korea Selatan sepakat untuk bergandeng tangan bersama negara-negara ASEAN untuk mempersiapkan diri menghadapi era yang juga disebut revolusi industri 4.0 tersebut.

Hal itu ditegaskan kedua belah pihak dalam KTT Peringatan ASEAN-Korea Selatan yang digelar di kota pelabuhan Busan, Korea Selatan pada Selasa (26/11).

Salah satu bentuk kerjasama yang dijalin adalah pembangunan pusat kerja sama di negara-negara anggota ASEAN untuk perkembangan sains dan teknologi, serta standardisasi dan inovasi industri oleh Korea Selatan.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengatakan bahwa negeri ginseng dan ASEAN akan melakukan upaya bersama untuk membangun komunitas yang berpusat pada rakyat dengan pertukaran antar-masyarakat dan budaya yang diperluas.

"Kami juga telah sepakat untuk bekerja sama lebih dekat untuk komunitas Asia Timur yang damai," tegas Moon dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha, seperti dimuat Yonhap.

Sebelumnya pada hari yang sama, Moon dan para pemimpin ASEAN lainnya mengadopsi pernyataan visi bersama untuk perdamaian, kemakmuran dan kemitraan.

Dokumen tersebut akan berfungsi sebagai kerangka kerja untuk hubungan Korea Selatan di masa depan dengan ASEAN, terutama dengan pemerintahan Moon yang mengusung kebijakan "New Southern Policy 2.0".

"(Kedua belah pihak akan) mempromosikan dan memfasilitasi dialog dan kerja sama, termasuk melalui mekanisme yang dipimpin ASEAN, untuk mendukung denuklirisasi lengkap dan pembentukan perdamaian permanen di Semenanjung Korea secara damai," begitu kutipan dokumen tersebut.

Bukan hanya itu, dalam KTT tersebut, ASEAN dan Korea Selatan juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang keamanan untuk mengatasi tantangan keamanan tradisional dan nontradisional, seperti kejahatan transnasional, terorisme dan ekstremisme kekerasan. Kedua belah pihak juga sepakat untuk semakin memperkuat kerja sama keamanan siber serta mendukung pengembangan ekonomi digital di kawasan itu.

Selain itu, ASEAN dan Korea Selatan juga sepakat untuk mempromosikan kerja sama ekonomi untuk kemakmuran bersama, terutama dalam hal perdagangan dan investasi, konektivitas, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta kemitraan dan inovasi startup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA