Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Tahanan Lakukan Penipuan, Kepala Penjara Keamanan Maksimum Diamankan Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 27 November 2019, 07:58 WIB
Bantu Tahanan Lakukan Penipuan, Kepala Penjara Keamanan Maksimum Diamankan Polisi
Aroke/Net
rmol news logo Korupsi bukan hanya menjadi masalah serius di Indonesia, tapi juga di negara Afrika seperti Nigeria. Kasus korupsi terbaru di negara tersebut menjerat kepala penjara dengan keamanan maksimum dan seorang dokter penjara.

Mereka dituduh memungkinkan seorang tahanan bernama Hope Olusegun Aroke untuk melakukan penipuan online jutaan dolar AS dari dalam penjara. Dia mendapatkan akses ke ponsel dan internet, padahal hal itu dilarang di dalam penjara.

Aroke awalnya ditangkap pada tahun 2012 dan dihukum karena mendapatkan uang dengan penipuan dan pemalsuan. Aroke adalah salah satu dari dua penipu Nigeria yang berbasis di Malaysia.

Dia mengaku sebagai mahasiswa ilmu komputer di Universitas Metropolitan Kuala Lumpur Malaysia, tetapi sebenarnya dia adalah kepala dari jaringan rumit penipuan internet yang melintasi dua benua.

Dalam investigasi terbaru, Komisi Kejahatan Ekonomi dan Keuangan (EFCC) di negara itu mengatakan kedua staf penjara itu ditangkap karena memalsukan laporan medis yang memungkinkan Aroke mendapatkan perawatan di luar penjara di rumah sakit polisi.

"Tersangka pertama, (Emmanuel) Oluwaniyi, yang merupakan Pengendali Penjara Maksimal Kirikiri, serta tersangka kedua, (Hemeson Edson) Edwin, yang bertanggung jawab atas fasilitas medis, ditangkap pada Senin, 25 November 2019, oleh para operator komisi," kata EFCC dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat BBC. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA