Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Tangkap Delapan Orang Terkait CIA Di Tengah Gelombang Protes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Kamis, 28 November 2019, 06:47 WIB
Iran Tangkap Delapan Orang Terkait CIA Di Tengah Gelombang Protes
Unjuk rasa di Iran/Net
rmol news logo Agen keamanan Iran menangkap setidaknya delapan orang yang terkait dengan CIA selama kerusuhan di tengah gelombang protes atas kenaikan harga bahan bakar pekan lalu.

"Elemen-elemen ini telah menerima pelatihan yang didanai CIA di berbagai negara di bawah kedok menjadi jurnalis warga," begitu keterangan yang dirilis Kementerian Intelijen Iran, seperti dimuat Al Jazeera (Rabu, 27/11).

"Enam orang ditangkap saat menghadiri kerusuhan dan melaksanakan perintah (CIA) dan dua lainnya ditangkap ketika mencoba mengirim informasi ke luar negeri," sambungnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan berbeda, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menggambarkan kerusuhan yang terjadi di Iran sejak dua pekan terakhir adalah karya konspirasi yang sangat berbahaya.

"Orang-orang menggagalkan konspirasi yang dalam, luas dan sangat berbahaya yang menghabiskan banyak uang untuk penghancuran, kejahatan dan pembunuhan orang," kata Khamenei.

Sejauh ini belum jelas berapa banyak korban yang berjatuhan akibat protes di Iran.

Amnesty International dalam sebuah keterangan mengklaim bahwa sedikitnya 143 orang telah meninggal dunia akibat protes berujung kekerasan di Iran. Namun penerintah Iran membantah hal tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA