Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelombang Protes Terbaru Di Irak Tewaskan Delapan Orang

Jumat, 29 November 2019, 03:43 WIB
Gelombang Protes Terbaru Di Irak Tewaskan Delapan Orang
Gelombang protes Massa di Irak/Net
rmol news logo Gelombang protes terbaru yang disertai bentrokan tengah terjadi di Irak pada Kamis (28/11). Dalam protes tersebut, setidaknya delapan orang tewas di kota selatan Nasiriya.

Dilaporkan BBC, Kamis (28/11), para petugas keamanan tengah berupaya untuk menguasai jembatan yang diblokir oleh demonstran dengan melepaskan tembakan hingga melukai sekitar 50 orang demonstran.

Atas kerusuhan yang terjadi, komando militer Irak mengatakan, sebuah unit darurat telah diciptakan untuk menciptakan keamanan dan memulihkan ketertiban.

"Atas perintah komandan tertinggi angkatan bersenjata, Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi, beberapa komandan militer telah ditunjuk untuk unit ini untuk mengarahkan dan mengendalikan semua pasukan keamanan dan militer dan membantu para gubernur dalam misi mereka," katanya dalam sebuah pernyataan.

Langkah pemerintah untuk membentuk unit darurat Irak ini dilakukan sehari setelah sekelompok pengunjuk rasa membakar konsulat Iran di kota Najaf.

Kerusuhan ini merupakan rentetan peristiwa unjuk rasa oleh rakyat Irak yang menuntut pemerintah mengakhiri korupsi.

Selain itu, demonstran juga menuduh Iran ikut campur dalam urusan internal Irak dan menopang pemerintah.rmol news logo article Rizki Dewi

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA