Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Desak Penyelidikan Di Hong Kong, Kepala HAM PBB Dituding Campuri Urusan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 02 Desember 2019, 07:35 WIB
Desak Penyelidikan Di Hong Kong, Kepala HAM PBB Dituding Campuri Urusan China
Kepala Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet/Net
rmol news logo China menuding Kepala Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet melakukan campur tangan yang tidak pantas dalam urusan negeri tirai bambu tersebut. Hal itu berkaitan dengan seruan Bachelet untuk menyelidiki dugaan penggunaan kekuatan berlebihan oleh polisi di Hong Kong dalam gelombang protes di wilayah semi-otonom tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seruan itu dituangkan dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Bachelet di South China Morning Post pekan lalu. Misi China di Jenewa menyebut bahwa seruan itu salah dan melanggar tujuan dan prinsip Piagam PBB.

"(Artikel itu) memuat komentar yang tidak pantas tentang situasi Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan mencampuri urusan dalam negeri China," begitu bunyi keterangan yang dirilis misi China di PBB akhir pekan kemarin, seperti dimuat AFP.

Keterangan yang sama menyebut bahwa artikel Bachelet hanya akan mendorong para perusuh untuk melakukan kekerasan radikal yang lebih parah.

Keterangan yang sama menyebut bahwa China telah mengajukan keluhan resmi ke kantor hak asasi PBB di Jenewa.

Dalam artikel yang dipermasalahkan itu, Bachelet mendesak pihak berwenang di Hong Kong untuk melakukan investigasi yang dipimpin oleh hakim independen dan imparsial yang adil terhadap laporan penggunaan kekuatan berlebihan oleh polisi.

Gelombang protes di Hong Kong sendiri dipicu oleh kemarahan selama bertahun-tahun atas kebebasan China di kota semi-otonom tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA