Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi Ganti Jepang Pimpin Negara Maju G-20

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 02 Desember 2019, 11:50 WIB
Arab Saudi Ganti Jepang Pimpin Negara Maju G-20
Pemimpin negara-negara G-20/Net
rmol news logo Menggeser Jepang, Arab Saudi menjadi negara dari Jazirah Arab pertama yang mengambil alih kepemimpinan grup ekonomi G-20.

"Kerajaan Arab Saudi akan menjadi presiden G-20 hari ini, menjelang KTT di Riyadh. Kepresidenan G-20 Saudi berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan dari Osaka dan mempromosikan konsensus multilateral," ujar kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) pada Minggu (1/12).

Dengan kesempatan ini, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) mengungkapkan Arab Saudi akan memanfaatnya untuk membentuk konsensus internasional dan  bangkit ke panggung dunia.

Hal itu dilakukan untuk meredakan keributan global atas catatan hak asasi manusia Pangeran Mohammed yang dituduh terlibat dalam upaya pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada tahun lalu. 

"Para pemimpin dunia dalam G-20 harus menekan Pangeran Mohammed untuk memastikan kenikmatan semua hak asasi manusia, termasuk kebebasan berekspresi, berserikat dan berkumpul secara damai," kritik Direktur Amnesty International untuk Timur Tengah, Heba Morayef.

Dengan posisi ini, Arab Saudi akan menjadi tuan rumah untuk lebih dari 100 acara dan konferensi tingkat tinggi (KTT) global pada 21 hingga 22 November 2020. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA