Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tempat Latihan Perang Harus Pindah, Jepang Beli Pulau Rp 2 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 03 Desember 2019, 06:36 WIB
Tempat Latihan Perang Harus Pindah, Jepang Beli Pulau Rp 2 Triliun
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jepang membeli pulau tak berpenghuni di lepas pantai barat daya negara itu untuk dipakai latihan perang bersama Amerika Serikat.

Pulau bernama Pulau Mageshima itu dibeli dengan harga  146 juta dolar (sekitar Rp2 triliun)

Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, menuturkan Jepang akan membangun sebuah fasilitas pendaratan di tahap awal pembangunan sebagai salah satu fasilitas utama militer.

Sebelumnya, Washington dan Tokyo sepakat memindahkan tempat latihan jet tempur pada 2011 lalu. Kesepakatan itu dicapai pada Jumat pekan lalu setelah Kementerian Pertahanan berdiskusi dengan pengembang yang memiliki mayoritas wilayah di pulau itu.

Selama ini, latihan jet tempur AS dilakukan di Pulau Iwo Jima, sekitar 1.200 kilometer dari selatan Tokyo. AS telah lama meminta Jepang memindahkan lokasi latihan angkatan udaranya itu. Washington menilai lokasi latihan itu jauh dari pangkalan militer AS yang terletak di Kota Iwakuni, barat Jepang.

Selama ini, AS memang memiliki pangkalan militer yang bercokol di Jepang. Sebab, berdasarkan kesepakatan masa Perang Dunia II, kemampuan angkatan bersenjata dan pertahanan Jepang dibatasi.

Karena itu, dalam sektor pertahanan, Jepang sangat bergantung pada AS di bawah perjanjian aliansi keamanan bilateral.

Sejumlah warga yang tinggal di dekat Pulau Mageshima merasa khawatir akan adanya gangguan yang mungkin mereka terima ketika pulau tersebut dijadikan area latihan militer. Sebab, tak jarang insiden militer seperti kecelakaan terjadi pada pasukan AS dan Jepang saat berlatih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA