Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Momen Langka, AS-Iran Bertukar Tahanan Di Swiss

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 08 Desember 2019, 06:59 WIB
Momen Langka, AS-Iran Bertukar Tahanan Di Swiss
Xiyue Wang berpelukan dengan Massoud Soleimani di Swiss/Reuters
rmol news logo Momen langka terkait dua negara yang kerap bermusuhan, Amerika Serikat dan Iran, terjadi pada Sabtu (7/12). Kedua negara sepakat untuk saling membebaskan seorang tahanan dalam sebuah proses pertukaran tahanan yang difasilitasi oleh Swiss.

Iran membebaskan Xiyue Wang, seorang warga negara Amerika Serikat yang ditahan selama tiga tahun dengan tuduhan mata-mata. Sementara itu Amerika Serikat membebaskan Massoud Soleimani, seorang warga negara Iran yang dituduh melanggar sanksi Amerika Serikat terhadap Iran.

Tidak lama setelah pertukaran tahanan itu dilakukan, kantor berita resmi Iran, IRNA mengabarkan bahwa Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif bertemu Soleimani di Zurich. Soleimani, yang kemudian terbang ke Iran, ditemani ke Swiss oleh perwakilan khusus Amerika Serikat untuk Iran, Brian Hook.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengucapkan terimakasih kepada Iran melalui Twitter setelah pertukaran tahanan dilakukan.

Trump menyebut bahwa negosiasi yang sangat adil terlah tercipta sehingga mengarah ke pertukaran tahanan. Dia mengatakan pertukaran itu menunjukkan Amerika Serikat dan Iran dapat membuat kesepakatan bersama.

Dalam pernyataan sebelumnya, Trump berterima kasih kepada pemerintah Swiss atas bantuannya dalam menegosiasikan pembebasan Wang.

"Membebaskan orang Amerika yang ditawan adalah sangat penting bagi pemerintahan saya, dan kami akan terus bekerja keras untuk membawa pulang semua warga negara kami yang ditahan secara tidak sah di luar negeri," kata Trump, seperti dimuat Reuters. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA