Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perundingan AS-Taliban Digelar Lagi Usai Mandek Tiga Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Desember 2019, 09:14 WIB
Perundingan AS-Taliban Digelar Lagi Usai Mandek Tiga Bulan
Taliban/Net
rmol news logo Setelah tiga bulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghentikan dialog perdamaian dengan Taliban, kini AS telah memulai kembali perundingan di Qatar.

Sabtu (7/12), Utusan Khusus AS untuk Taliban yang bertanggung jawab atas proses perdamaian, Zalmay Khalilzad mengadakan pembicaraan resmi dengan kelompok militan Taliban di Doha, Qatar.

"AS bergabung kembali dengan pembicaraan hari ini di Doha. Fokus diskusi adalah pengurangan kekerasan yang mengarah pada negosiasi intra-Afganistan dan gencatan senjata," ujar Jurubicara Departemen Luar Negeri AS seperti yang dimuat Al Jazeera.

Sebelum dialog Doha dilakukan, Khalilzad sendiri telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Afganistan, Ashraf Ghani di Kabul, Afganistan. Taliban juga masih menolak untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Ghani yang dianggapnya sebagai boneka AS.

Dialog ini sesuai dengan kunjungan yang dilakukan oleh Trump di Hari Thanksgiving pada bulan lalu ke pangkalan militer AS di Afganistan. Pada saat itu, Trump mengatakan pihak Taliban ingin membuat kesepakatan.

Tampaknya, kali ini dialog perdamaian untuk mengakhiri perang 18 tahun diupayakan dengan serius oleh AS. Pasalnya Khalilzad selama beberapa pekan terakhir telah melakukan kunjungan ke negara-negara yang memiliki kepentingan atas perdamaian di Afganistan, termasuk Pakistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA