Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Desember 2019, 13:14 WIB
Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua?
Ilustrasi rudal/Net
rmol news logo Korea Utara kembali melakukan uji coba misterius. Kali ini dilakukan di situs peluncuran satelit Sohae, tempat pengujian roket yang sebelumnya Korea Utara nyatakan telah ditutup.

Diberitakan oleh KCNA, tidak jelas apa yang diuji. Namun, Sohae sendiri biasanya menjadi tempat untuk meluncurkan roket luar angkasa atau bahkan tempat pengujian rudal.

Ada beberapa pihak yang mencurigai uji coba tersebut dilakukan untuk meluncurkan rudal balistik antarbenua. Namun, para pakar mengatakan Sohae tidak pernah digunakan untuk meluncurkan rudal jenis itu.

Di sisi lain, belum ada respons yang disampaikan oleh pihak militer Korea Selatan terkait kabar peluncuran rudal tersebut. Padahal jika hal ini benar terjadi, maka status strategis Korea Utara meningkat di tengah buntunya pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Korea Utara sendiri menetapkan tenggat waktu hingga akhir tahun agar AS mengubah kebijakannya dalam denuklirisasi sepihak. Korea Utara juga menuntut adanya bantuan dan dihentikannya sanksi yang selama ini mengbayangi negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA