DK PBB Kumpul Bahas Uji Coba Misterius Korea Utara

Selasa, 10 Desember 2019, 09:11 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Donald Trump dan Kim Jong Un/Net

Dewan Keamanan PBB akan melakukan pertemuan pada Rabu (11/12) untuk membahas peluncuran rudal Korea Utara dan kemungkinan peningkatan provokasi di Semenanjung Korea. Pertemuan digelar atas permintaan dari Amerika Serikat.

Permintaan AS ini seiring uji coba yang dilakukan oleh Korea Utara di situs peluncuran satelit Sohae pada Minggu (8/12). Uji coba misterius itu dilakukan di tengah gamangnya hubungan antara AS dan Korea Utara dan semakin dekatnya tenggat waktu akhir tahun untuk menawarkan konsesi.

Setidaknya ada 8 dari 15 anggota DK PBB yang mendorong untuk melakukan pertemuan untuk membahas pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara pada Selasa (10/12).

Sementara itu, seperti yang dilansir Channel News Asia, Dutabesar Korea Utara untuk PBB mengatakan pada Sabtu (7/12) bahwa pihaknya tidak menyetujui denuklirisasi dan pembicaraan panjang yang tidak diperlukan dengan AS.

Trump kemudian memperingatkan Kim yang berisiko kehilangan segalanya jika melanjutkan permusuhan. Korea Utara, sambung Trump, harus melakukan denuklirisasi.

DK PBB sendiri bukan kali pertama ini melakukan pertemuan berkenaan dengan peluncuran rudal Korea Utara. Selama beberapa bulan terakhir, DK PBB telah melakukan pertemuan secara tertutup beberapa kali atas permintaan Eropa.

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020