Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Carrie Lam, PM China: Hong Kong Masih Dilanda Dilema

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 16 Desember 2019, 16:25 WIB
Bertemu Carrie Lam, PM China: Hong Kong Masih Dilanda Dilema
Kepala Eksekutif Carrie Lam dan Perdana Menteri China Li Keqiang/Net
rmol news logo Perdana Menteri China Li Keqiang bertemu dengan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam dalam kunjungan Lam ke Beijing pada Senin (16/12) untuk membahas kondisi politik dan ekonomi Hong Kong.

Dalam pertemuan yang disiarkan di TV tersebut, Li mengatakan Hong Kong masih belum bisa keluar dari dilema. Mengingat malam saat pertemuan terjadi, bentrokan berlangsung antara pengunjuk rasa antipemerintah dengan petugas polisi.

"Pemerintah SAR (Special Administration Region) atau wilayah administrasi khusus harus melanjutkan upayanya, mengakhiri kekerasan dan menghentikan kekacauan sesuai dengan hukum dan memulihkan ketertiban," ujar Li dalam sambutan pertemuannya dengan Lam yang disiarkan di TV seperti yang dimuat Reuters.

Selain membahas kondisi terkini Hong Kong dengan Li, Lam juga dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan tersebut disebut media lokal adalah usaha Lam untuk mendapatkan dukungan untuk mengenyampingkan perombakan kabinet.

Lam yang masih dengan keyakinannya, mengatakan merombak kabinet bukanlah sebuah urgensi saat ini. Yang terpenting adalah untuk menyelesaikan krisis di Hong Kong dan melakukan dialog dengan publik.

Pemerintahan Lam bahkan menjanjikan memberikan stimulus sebesar 25 miliar dolar Hong Kong atau setara dengan Rp 45 triliun (Rp 1.799/dolar HK). Namun, para analis mengatakan hal tersebut tidak akan berdampak besar untuk menyelesaikan tuntutan warga Hong Kong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA