Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sindir Para Kandidat Presiden AS, Obama: Masalah Dunia Karena Orang Tua Enggan Menyingkir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 Desember 2019, 15:03 WIB
Sindir Para Kandidat Presiden AS, Obama: Masalah Dunia Karena Orang Tua Enggan Menyingkir
Barack Obama/Net
rmol news logo Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberikan sindiran keras kepada para kandidat Presiden AS. Dalam sebuah acara dengan tema kepemimpinan di Singapura baru-baru ini, Obama mengatakan banyaknya masalah di dunia saat ini dipengaruhi oleh para orang tua yang enggan menyingkir.

"Jika Anda melihat dunia dan melihat masalah, itu biasanya orang tua tidak menyingkir," ujar Obama seperti yang dilaporkan BBC Asia dan dimuat ulang Business Insider, Selasa (17/12).

Pernyataan itu keluar sebagai jawaban ketika Obama ditanya apakah ia akan mempertimbangkan untuk kembali ke dunia politik. Dengan tegas, ia menjawab akan meneruskan obor kepemimpinan kepada generasi yang lebih muda.

"Penting bagi para pemimpin politik untuk mencoba dan mengingatkan diri sendiri bahwa Anda ada di sana untuk melakukan pekerjaan. Tetapi Anda tidak di sana untuk seumur hidup, Anda tidak di sana untuk menopang kepentingan diri Anda sendiri," lanjutnya.

Sontak jawaban Obama tersebut terlintas seperti sindiran untuk para kandidat utama Presiden AS yang diikuti oleh mereka yang berusia 70-an.

Misalnya saja Senator AS dari Demokrat Elizabeth Warren yang berusia 70 tahun. Lalu ada mantan Wakil Presiden Obama dulu, Joe Biden yang berusia 77 tahun. Serta Senator Bernie Sanders yang sudah 78 tahun.

Selain itu, meski Biden dan Obama pernah menjadi pasangan di pemerintahan, Obama mengaku kemungkinan besar tidak akan mendukung. Menurut laporan Politico, walaupun Obama memiliki rasa kekeluargaan dengan Biden, tetapi tidak secara otomatis membuat pria 58 tahun tersebut mendukungnya.

Setelah meninggalkan Gedung Putih pada 2017, Obama memang telah mengambil langkah mundur dari dunia politik dan membangun yayasan sosial. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA