Tindaklanjuti Draf Resolusi Bantuan Untuk Korea Utara, AS Kirim Utusan Ke Beijing

Rabu, 18 Desember 2019, 10:21 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Kim Jong Un dan Donald Trump/Net

Amerika Serikat (AS) gerak cepat untuk menindaklanjuti penolakan draf resolusi yang diajukan Rusia dan China untuk mencabut beberapa sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Utusan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Beijing akan terbang ke Beijing pada Kamis (19/12) untuk membahas draf resolusi yang diajukan China dan Rusia kepada Dewan Keamanan PBB.

Dimuat Reuters, menurut Depatemen Luar Negeri AS, Biegun akan melakukan perjalanan ke China setelah mengadakan pembicaraan dengan para pejabat di Korea Selatan dan Jepang. Nantinya ia akan bertemu dengan para pejabat China untuk membahas perlunya mempertahankan pandangan mengenai Korea Utara.

Senin (16/12), China dan Rusia mengajukan draf resolusi untuk mencabut beberapa sanksi terhadap Korea Utara termasuk mencabut larangan ekspor patung, makanan laut, dan tekstil Korea Utara untuk membantu perekonomian negara tersebut.

Menurut pandangan Rusia, draf tersebut bertujuan untuk mendorong dialog denuklirisasi AS dan Korea Utara yang masih macet. Namun saat ini dinilai AS bukan saat yang tepat untuk memikirkan pencabutan sanksi.

"Sekarang bukan waktunya bagi Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan menawarkan bantuan sanksi prematur," ujar jurubicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS kepada Yonhap News Agency.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020