Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka KL Summit, Mahathir Mohamad: Agama Islam Banyak Difitnah!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 19 Desember 2019, 18:31 WIB
Buka KL Summit, Mahathir Mohamad: Agama Islam Banyak Difitnah<i>!</i>
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad/Net
rmol news logo Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad membuka forum negara-negara Muslim di dunia, Kuala Lumpur Summit 2019 dengan mengemukakan persepsi dunia terhadap Islam dan muslim.

Diungkapkan oleh Mahathir di Plenary Hall, Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Kamis siang (19/12), jika menilai situasi saat ini, baik muslim dan Islam sendiri telah menjadi subjek dari banyak fitnah.

"Agama kita menjadi subjek banyak fitnah. Muslim dan Islam telah disamakan dengan terorisme. Negara-negara muslim dituduh otoritarian," ujar Mahathir, seraya menambahkan tidak ada satu pun negara muslim yang diklasifikasikan sebagai negara maju terlepas seberapa kaya mereka.

Meski demikian, lanjut Mahathir, negara muslim tidak dapat menyangkal fakta bahwa memang di beberapa negara terjadi konflik maupun perang saudara.

Negara muslim juga tidak dapat menyangkal fakta bahwa mereka memiliki ketergantungan yang besar terhadap negara-negara nonmuslim.

"Ada suatu masa ketika umat Islam diakui untuk peradaban maju mereka... tapi tidak sekarang. Hari ini kita telah kehilangan rasa hormat dari dunia," tegas Mahathir.

Menurutnya, negara muslim sudah tidak lagi menjadi sumber pengetahuan dan peradaban. Tepatnya sejak abad ke-18 hingga pertengahan 2000-an, semua didominasi oleh kekuatan Eropa. Walaupun Al-Qur'an memerintahkan muslim untuk melindungi umat.

"Memang, sebagaian dari kita mengalami kemunduran hingga sekali lagi menjadi tergantung pada mantan tuan kolonial kita," tambah Mahathir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA