Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama Sejak 1803, Katedral Bersejarah Notre Dame Tidak Gelar Misa Natal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 22 Desember 2019, 07:54 WIB
Pertama Sejak 1803, Katedral Bersejarah Notre Dame Tidak Gelar Misa Natal
Notre Dame/Net
rmol news logo Katedral bersejarah, Notre Dame di Perancis dipastikan tidak akan mengadakan misa Natal untuk pertama kalinya sejak tahun 1803. Hal itu terjadi karena katedral itu masih dalam proses perbaikan setelah delapan bulan kebakaran hebat melalap bangunan kuno tersebut.

Kantor pers katedral mengatakan, rektor Patrick Chauvet, masih akan merayakan misa tengah malam pada Malam Natal. Tetapi misa akan dilakukan di gereja terdekat Saint-Germain l'Auxerrois.

Untuk diketahui bahwa Notre Dame merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO yang terletak di tepi sungai Seine. Katedral tersebut porak-poranda dilalap api dalam kebakaran hebat yang terjadi pada 15 April lalu. Kebakaran bahkan menyebabkan puncak menara gothic, atap dan banyak artefak berharga musnah.

Katedral itu dalam sejarahnya tetap terbuka untuk Natal selama dua abad sejarah yang sering bergejolak, termasuk saat pendudukan Nazi dalam perang dunia kedua.

Katedral itu hanya sempat terpaksa ditutup selama periode revolusioner anti-Katolik di akhir abad ke-18 dan awal ke-19.

Presiden Perancis, Emmanuel Macron menetapkan bahwa proses perbaikan katedral berusia 800 tahun itu pasca kebakaran akan memakan waktu hingga lima tahun dengan biaya hampir 1 miliar euro. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA