Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuba Punya Perdana Menteri Pertama Sejak 40 Tahun Terakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 22 Desember 2019, 14:18 WIB
Kuba Punya Perdana Menteri Pertama Sejak 40 Tahun Terakhir
Manuel Marrero Cruz (kanan) saat ditunjuk sebagai Perdana Menteri Kuba/BBC
rmol news logo Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel menunjuk perdana menteri pertama negara itu selama lebih dari 40 tahun terakhir.

Sosok yang ditunjuk untuk mengisi jabatan perdana menteri adalah Manuel Marrero Cruz yang sebelumnya merupakan menteri pariwisata Kuba.

Penunjukan Marrero disahkan dengan suara bulat oleh wakil-wakil di Majelis Nasional pada hari Sabtu (21/12).

Di Kuba sendiri, jabatan perdana menteri dihentikan pada tahun 1976 oleh pemimpin revolusioner Fidel Castro. Namun jabatan tersebut kembali dipulihkan di bawah aturan konstitusi baru yang disahkan awal tahun ini.

Dengan penunjukan tersebut, Marrero yang saat ini berusia 56 tahun akan mengambil beberapa tanggung jawab yang saat ini menjadi tanggung jawab presiden. Dia akan mengemban peran sebagai kepala pemerintahan Kuba.

"Kepala pemerintahan akan menjadi tangan kanan administratif presiden republik ini," kata outlet berita online yang dikelola pemerintah, Cubadebate, seperti dimuat ulang BBC.

Diketahui, Marrero diangkat menjadi presiden kelompok pariwisata Gaviota yang dikelola militer pada tahun 2000. Dia kemudian diangkat sebagai menteri pariwisata pada tahun 2004 oleh Fidel Castro dan sejak itu mengawasi sektor pariwisata negara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA