Bahas Kemungkinan Uji Coba Rudal Antarbenua Korut, China-Korsel-Jepang Lakukan Pertemuan Trilateral

Minggu, 22 Desember 2019, 21:40 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden China Xi Jinping, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe/Net

Tiga negara, yakni China, Korea Selatan, dan Jepang melakukan pertemuan trilateral untuk membahas kemungkinan adanya uji coba rudal balistik antarbenua oleh Korea Utara.

Pertemuan tersebut juga menyikapi belum adanya kejelasan soal tenggat waktu Korea Utara kepada Amerika Serikat (AS) terkait dialog denuklirisasi.

"Menjaga stabilitas dan kedamaian Semenanjung Korea dan mendorong solusi politik untuk masalah Semenanjung Korea adalah demi kepentingan China, Jepang, dan Korea Selatan," ujar Wakil Menteri Luar Negeri China, Luo Zhaohui dilansir Channel News Asia., Minggu (22/12).

Sementara itu, Korea Utara masih menanggapi ajakan untuk melanjutkan negosiasi yang ditawarkan utusan khusus AS untuk Korea Utaa, Stephen Beigun.

"Keheningan, bahkan setelah pidato Biegun di Seoul, membuat saya prihatin," ujar redaktur pelaksana situs web 38North di twitter.

Sebelumnya, Rusia dan China mengajukan draft resolusi kepada Dewan Keamanan PBB untuk mencabut beberapa sanksi yang diberlakukan kepada Korea Utara pada pekan ini. Namun, proposal tersebut ditolak oleh AS dengan alasan masih terlalu prematur.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020