Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Kemungkinan Uji Coba Rudal Antarbenua Korut, China-Korsel-Jepang Lakukan Pertemuan Trilateral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Desember 2019, 21:40 WIB
Bahas Kemungkinan Uji Coba Rudal Antarbenua Korut, China-Korsel-Jepang Lakukan Pertemuan Trilateral
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden China Xi Jinping, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe/Net
rmol news logo Tiga negara, yakni China, Korea Selatan, dan Jepang melakukan pertemuan trilateral untuk membahas kemungkinan adanya uji coba rudal balistik antarbenua oleh Korea Utara.

Pertemuan tersebut juga menyikapi belum adanya kejelasan soal tenggat waktu Korea Utara kepada Amerika Serikat (AS) terkait dialog denuklirisasi.

"Menjaga stabilitas dan kedamaian Semenanjung Korea dan mendorong solusi politik untuk masalah Semenanjung Korea adalah demi kepentingan China, Jepang, dan Korea Selatan," ujar Wakil Menteri Luar Negeri China, Luo Zhaohui dilansir Channel News Asia., Minggu (22/12).

Sementara itu, Korea Utara masih menanggapi ajakan untuk melanjutkan negosiasi yang ditawarkan utusan khusus AS untuk Korea Utaa, Stephen Beigun.

"Keheningan, bahkan setelah pidato Biegun di Seoul, membuat saya prihatin," ujar redaktur pelaksana situs web 38North di twitter.

Sebelumnya, Rusia dan China mengajukan draft resolusi kepada Dewan Keamanan PBB untuk mencabut beberapa sanksi yang diberlakukan kepada Korea Utara pada pekan ini. Namun, proposal tersebut ditolak oleh AS dengan alasan masih terlalu prematur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA