Kenakan Artibut Santa, Demonstran Hong Kong Unjuk Rasa Di Malam Natal

Rabu, 25 Desember 2019, 20:10 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Demonstran Hong Kong/Net

Tidak ada tanggal merah untuk unjuk rasa Hong Kong. Justru momen Hari Natal kali ini dimanfaatkan oleh demonstran Hong Kong untuk menyuarakan tuntutannya.

Selasa malam (24/12) demonstran dengan atribut natal seperti topi santa hingga tanduk rusa memenuhi jalanan di pusat kota termasuk jalan-jalan Tsim Sha Tsui. Polisi yang ikut menyamar dengan atribut serupa berusaha membubarkan massa.

Dimuat The National, di luar Hotel Peninsula, bentrokan sempat terjadi. Polisi anti huru hara menembakkan beberapa kali gas air mata dan beberapa selongsong peluru karet juga terlihat jatuh ke tanah.

Menurut keterangan polisi, demonstran berusaha merusak fasilitas publik, termasuk jendela-jendela toko. Alhasil, menurut pihak rumah sakit, setidaknya 25 orang terluka dengan seorang mengalami cedera serius dalam insiden malam Natal itu.

Namun, insiden pada malam Natal tersebut tampaknya tidak meluruhkan semangat para demonstran. Pasalnya pada Rabu (25/12), demonstran dengan atribut serupa sudah kembali memenuhi jalanan bahkan mal.

Khusus untuk Natal tahun ini, polisi mengungkapkan tidak akan menutup jalan karena khawatir demonstran akan menggunakannya sebagai kesempatan untuk melakukan aksi.

Di sisi lain, Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam dalam pidato Natalnya pada Rabu menyampaikan kepada warga Hong Kong untuk senantiasa aman, bahagia, dan damai di Hari Natal ini.

"Natal adalah waktu untuk semua orang merayakannya. Saya berharap semua orang di Hong Kong memiliki Natal yang aman, bahagia, dan damai," ujarnya.

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020