Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Roket Hamas, Jet Tempur Dan Helikopter Israel Serang Jalur Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Desember 2019, 09:58 WIB
Balas Roket Hamas, Jet Tempur Dan Helikopter Israel Serang Jalur Gaza
Ilustrasi pengeboman/Net
rmol news logo Aksi saling balas serangan kembali terjadi di Jalur Gaza. Israel membalas kiriman roket dari Gaza, Palestina, pada Rabu malam (25/12) dengan sebuah serangan udara. Meski tidak ada klaim langsung, namun Israel meyakini roket tersebut dikirim oleh kelompok militan Hamas.

Roket dari arah Jalur Gaza disebut menargetkan tempat kampanye Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang tengah berupaya mempertahankan kepemimpinannya di Partai Likud. Hanya beberapa jam setelah roket diluncurkan, Israel Defence Force (IDF) mengirim jet tempur dan helikopternya untuk menyerang Gaza pada Kamis pagi (26/12).

Belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa dari pihak Hamas dalam serangan balasan tersebut. Namun The Time of Israel melaporkan, menurut IDF serangan balasan tersebut berhasil mengenai beberapa sasaran milik kelompok Hamas, termasuk sebuah komplek militer.

Meski serangan roket berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome pada Rabu malam, Netanyahu yang berada di tengah kampanye di Ashkelon, pesisir Laut Tengah harus dievakuasi. Ini adalah kali kedua Netanyahu dievakuasi setelah pada September lalu, sebuah roket pernah diarahkan kepadanya saat kampanye di wilayah selatan Israel.

Hanya 15 menit setelah dievakuasi, Netanyahu kembali ke panggung dan melanjutkan kampanyenya.

"Orang yang menembakkan roket tadi tidak lagi bersama kita. Orang yang melakukannya kali ini harus mulai mengepak barang-barang mereka," ujar Netanyahu.

Pernyataan Netanyahu tersebut merujuk pada tewasnya pemimpin kelompok jihad Islam Palestina, Baha Abu al-Ata dalam operasi militer Israel pada bulan lalu. Al-Ata diyakini menjadi dalang atas serangan roket pada September, sepekan sebelum pemilihan umum di Israel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA