Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Tunisia, Erdogan Bahas Gencatan Senjata Libya

Kamis, 26 Desember 2019, 11:13 WIB
Kunjungi Tunisia, Erdogan Bahas Gencatan Senjata Libya
Presiden Turki Recep Erdogan dan Presiden Tunisia Kais Saied di Tunis/Reuters
rmol news logo Presiden Turki Tayyip Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke Tunisia pada hari Rabu (25/12) untuk membahas kerja sama untuk kemungkinan gencatan senjata di negara tetangga Libya.

Dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Tunisia Kais Saied, Erdogan juga menegaskan kesediaan Turki untuk mengirim pasukan ke Libya jika menerima permintaan seperti itu.

"Kami membahas langkah-langkah yang mungkin bisa kami ambil dan peluang kerja sama dengan tujuan membangun gencatan senjata di Libya sesegera mungkin dan kembali ke proses politik," kata Erdogan seperti dikabarkan Reuters.

Dalam sistem politik di Tunisia, perdana menteri mengendalikan sebagian besar bidang kebijakan, sementara presiden bertanggung jawab atas urusan luar negeri, pertahanan dan keamanan.

Sementara itu, kepentingan kebijakan luar negeri utama Tunisia secara tradisional adalah mempertahankan hubungan yang kuat dengan dua negara tetangganya yang lebih besar, yakni Aljazair dan Libya. Karena itulah, apapun yang terjadi di Libya akan memberikan pengaruh pada Tunisia.

Kunjungan Erdogan ke Tunisia ini terjadi sebulan setelah Turki dan Libya menandatangani dua perjanjian terpisah, satu di perbatasan maritim di Mediterania timur dan satu lagi tentang kerja sama keamanan dan militer. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA