Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Upaya Preventif Penculikan ABK, Indonesia Intensifkan Kerja Sama Trilateral Dengan Filipina Dan Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Desember 2019, 19:55 WIB
Dorong Upaya Preventif Penculikan ABK, Indonesia Intensifkan Kerja Sama Trilateral Dengan Filipina Dan Malaysia
Menlu Retno Marsudi saat berbincang dengan 2 ABK korban penyanderaan Abu Sayyaf/RMOL
rmol news logo Penculikan Anak Buah Kapal (ABK) oleh kelompok Abu Sayyaf tidak hanya dirasakan oleh nelayan Indonesia, namun juga Malaysia yang menjadi negara tetangga Filipina.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Buruknya insiden ini bahkan bisa menimbulkan korban jiwa. Salah satunya seperti yang terjadi dalam upaya pembebasan 2 ABK asal Indonesia, Maharuddin Lunani (48 tahun) dan Samiun Maneu (27 tahun) pada Rabu kemarin (25/12).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, upaya pembebasan dua ABK tersebut mengakibatkan jatuh seorang korban jiwa dari pihak militer Filipina. Sebagai penghormatan, Retno pun langsung melakukan pembicaraan dan memberikan ucapan duka kepada komandan Wetern Mindanao Command (WestMinCom).

"Saya melakukan komunikasi langsung, baik dengan Menlu dan Menhan Filipina untuk menyampaikan terima kasih dan sekaligus ucapan duka cita cita yang mendalam atas guhurnya satu prajurit militer Filipina," ujarnya di kantor Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta, Kamis (26/12).

Namun, menurut Retno, keberhasilan pebebasan dua ABK tersebut tetap harus diimbangi dengan upaya preventif, pencegahan kejadian serupa tidak terulang kembali.

Salah satu upaya perventif yang akan dan sedang Indonesia kerjakan antara lain dengan mengintensifkan kerja sama trilateral antara Indonesia-Malaysia-Filiina untuk menjaga bersama perairan-perairan di kawasan.

"Kita sudah memiliki pola kerja sama trilateral antara Indonesia, Filipina, dan Malaysia untuk menjamin keamanan di Perairan Sulu dan sekitarnya," jelas Retno.

"Jadi kita perlu mengintensifkan kerja sama tersebut sehingga sekali lagi upaya prevensi ini dapat kita lakukan dapat mencegah jatuhnya korban lain di kemudian hari," tutupnya menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA