Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspadai Unjuk Rasa, Keamanan Di India Diperketat Setelah Shalat Jumat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Desember 2019, 15:10 WIB
Waspadai Unjuk Rasa, Keamanan Di India Diperketat Setelah Shalat Jumat
Pihak berwenang India sedang meningkatkan keamanan/Net
rmol news logo Pihak berwenang di India telah meningkatkan keamanan di kota-kota besar untuk mewaspadai adanya unjuk rasa penolakan UU Amandemen Kewarganegaraan. Layanan internet juga ditangguhkan di beberapa tempat.

Jumat siang (27/12) atau tepatnya setelah umat muslim shalat Jumat, layanan internet dimatikan sementara di beberapa negara bagian. Seperti di Uttar Pradesh, Lucknow, New Delhi, dan beberapa negara bagian lainnya. Selain itu, pasukan keamanan juga terlihat bersiaga.

Langkah ini dilakukan oleh pihak berwenang yang mewaspadai adanya unjuk rasa seperti pada pekan lalu. Di mana pada Jumat lalu (20/12), unjuk rasa dengan bentrokan paling buruk terjadi. Contohnya pada saat itu, di Uttar Pradesh, setelah shalat Jumat terjadi bentrokan antara demonstran yang menolak UU Amandemen Kewarganegaraan dengan petugas kepolisian.

Terlepas dari kewaspadaan akan bentrokan pekan lalu, dimuat Reuters, ribuan pengunjuk rasa diperkirakan akan turun ke jalan setelah shalat Jumat di beberapa kota. Seperti Mumbai Kolkata, Ahmedabad, Bengaluru, dan Chennai.

Masih dengan tuntutan yang sama, para pengunjuk rasa merasa UU Amandemen Kewarganegaraan yang disahkan pada 11 Desember lalu telah memperlakukan umat minoritas, khususnya Muslim secara diskriminatif.

Dalam UU tersebut, warga non-Muslim yang berasal dari Afganistan, Bangladesh, dan Pakistan yang telah menetap di India secara ilegal sebelum 2015 akan mendapatkan status kewarganegaraan. Sementara Muslim dan beberapa agama minoritas lainnya dikecualikan dalam UU ini.

Menurut para ahli, protes terhadap UU ini akan semakin besar dengan tuntutan yang lebih luas. Pasalnya selama lebih dari enam bulan terakhir, ekonomi India mengalami perlambatan di mana pengangguran meningkat dan ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah semakin besar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA