Jelang Akhir Tahun, Kim Jong Un Adakan Pertemuan Pejabat Partai Pekerja

Minggu, 29 Desember 2019, 15:57 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Kim Jong Un/Net

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengadakan pertemuan dengan para pejabat penting Partai Pekerja Korea (WPK) menjelang tenggat waktu akhir tahun yang ditetapkan oleh Pyongyang agar Amerika Serikat memberikan konsesi yang lebih baik untuk melanjutkan dialog denuklirisasi.

Sabtu (28/12) sesi pleno dibuka dengan adanya spekulasi bahwa Korea Utara tengah bersiap untuk melakukan uji coba rudal balistik antarbenua. Pertemuan hari pertama sendiri dipimpin oleh Kim yang merupakan Ketua WPK.

"(Pertemuan untuk) membahas hal-hal penting dalam pembangunan pertahanan negara dan nasional," ujar seorang pejabat Korea Utara pada Minggu (29/12) seperti dimuat KCNA.

"Orientasi langsung dari perjuangan WPK dan negara serta isu-isu kebijakan penting untuk kemenangan baru dalam revolusi kita di bawah situasi saat ini diangkat sebagai agenda pertemuan pleno," lanjutnya.

Tidak ada rincian lebih lanjut dalam laporan yang dirilis oleh KCNA tersebut.

Namun, pleno diselenggarakan hanya berselang sepekan setelah diadakannya pertemuan tingkat tinggi angkatan bersenjata untuk membahas peningkatan kemampuan militer Korea Utara.

Akhir-akhir ini, dunia dipenuhi dengan berbagai spekulasi mengenai "hadiah Natal" yang akan diberikan oleh Korea Utara jika AS tidak memberikan konsesi yang lebih baik. Yaitu menghentikan tindakan permusuhan dengan mencabut sanksi.

Menanggapi peringatan tersebut, Presiden AS Donald Trump mengatakan pada pekan lalu bahwa AS siap untuk menghadapi "hadiah Natal" apa pun dari Korea Utara.

"Semua orang punya kejutan untukku, tapi mari kita lihat apa yang terjadi. Aku (akan) menanganinya saat mereka datang," ujar Trump.

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020