Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bom Mogadishu, Al Shabaab Klaim Sasar Konvoi Pasukan Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 31 Desember 2019, 16:59 WIB
Bom Mogadishu, Al Shabaab Klaim Sasar Konvoi Pasukan Turki
Bom Mogadishu/Net
rmol news logo Kelompok gerilyawan, Al Shabaab telah mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom bunuh diri Mogadishu, Somalia yang menewaskan sedikitnya 90 orang pada Sabtu (28/12).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Klaim tersebut disampaikan dalam sebuah pesan audio dari jurubicara Al Shabaab, Ali Mohamud Rage pada Senin (30/12).

"Ledakan itu menargetkan konvoi pasukan Turki dan Somalia dan mereka menderita kerugian besar," ujar Rage dalam audio tersebut seperti dimuat Reuters.

Ali mengungkapkan, ada campur tangan pihak asing dalam rencana serangan yang menargetkan sebuah pos pemeriksaan Ex-Control di barat laut Mogadishu. Namun tidak dijelaskan pihak asing mana yang dimaksud.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Badan Intelijen dan Keamanan Nasional (NISA) dalam akun Twitternya.

"Sebuah negara asing merencanakan pembantaian warga Somalia di Mogadishu pada 28 Desember 2019," cuitnya sembari mengatakan akan bekerja sama dengan organisasi intelijen asing untuk melakukan penyelidikan.

Tidak disebutkan negara dan organisasi mana yang dimaksud oleh NISA.

Namun dalam audio tersebut, Rage juga menuduh Turki telah mengambil semua sumber daya Somalia dan bersumpah akan menargetkan pasukan negara pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut.

"Kami akan selalu bertarung melawan pemerintah Turki yang murtad. Kami tidak menentang yang tidak bersalah, warga musllim Turki," katanya.

Dalam serangan pada akhir pekan lalu, memang dua dari korban tewas merupakan warga negara Turki. Namun banyak korban merupakan anak-anak yang sedang menuju ke sekolah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA